Mengubah Related Posts Menjadi Matched Content Ads

Mengubah Related Posts Menjadi Matched Content Ads
Catatan:
Artikel ini sudah tidak relevan lagi dikarenakan pada update terbaru sudah disediakan slot iklan untuk Matched Content Ads, tetapi artikel ini hanya bisa diterapkan pada template versi AMP

Penjelasan Singkat tentang Matched Content

Matched Content dalam bahasa Indonesia diartikan konten yang cocok atau sesuai, merupakan fitur Google Adsense yang memungkinkan Anda untuk menampilkan iklan bersamaan dengan artikel terkait blog Anda. Iklan tersebut secara otomatis menyesuaikan tampilan dengan situs Anda sehingga terlihat menyatu dan tidak mencolok seperti iklan adsense lain.

Fitur baru Google Adsense ini akan memberikan Anda kemudahan dalam menampilkan postingan terkait yang relevan di blog Anda dengan mudah, hal ini bertujuan agar pengunjung berlama-lama di blog Anda karena tertarik dengan postingan Anda yang lainnya.

Kelebihan lain dari jenis iklan ini adalah Algoritma canggih google yang menampilkan postingan lebih relevan dengan apa pengunjung Anda cari.

Bagaimana cara mendapatkan unit iklan Matched Content?

Sayang sekali fitur unit iklan Matched Content ini hanya tersedia untuk situs web yang sudah memenuhi persyaratan traffic tertentu. Tidak semua situs mendapatkan unit iklan ini serta tidak ada kejelasan berapa minimal jumlah pengunjung blog untuk menadaptkan unit iklan ini.

Tutorial Mengubah Related Post Menjadi Matched Content

Jika blog Anda yang sudah layak mendapatkan iklan matched content ads atau yang biasa disebut iklan artikel terkait dan ingin menerapkannya pada pada template ini caranya sangat mudah.

Pertama pada Edit HTML carilah kode dibawah ini:

<b:includable id='post-adrelated' var='post'>
<div class='related-posts' id='related-ad'>
<div class='related-ads'/>
<!-- Add your ad unit in this place -->
</div>
</b:includable>

// Tambahkan kode iklan Anda pada bagian yang sudah ditandai

Kemudian cari lagi kode dibawah ini :

<b:include cond='data:view.isPost and !data:view.isPreview and data:view.url != data:view.url params { amp: "1" }' data='post' name='post-related'/>

// Ganti dengan kode dibawah ini :

<b:include cond='data:view.isPost and !data:view.isPreview' data='post' name='post-relatedAd'/>

Kode diatas secara otomatis mengganti widget artikel terkait dengan iklan matched content, namun jika Anda ingin tetap mempertahankan widget artikel terkait template ini silahkan ikuti langkah-langkah dibawah ini:

Bagaimana jika ingin menambahkan iklan matched content tepat dibawah artikel terkait?

Caranya sama seperti diatas, hanya saja pada bagian kedua Anda tidak perlu mengubah apapun. Cukup tambahkan kode seperti dibawah ini tepat dibawah kode bagian kedua :

// Sebelum
<b:include cond='data:view.isPost and !data:view.isPreview and data:view.url != data:view.url params { amp: "1" }' data='post' name='post-relatedIn'/>

// Tambahkan kode baru tepat dibawahnya menjadi seperti dibawah ini
<b:include cond='data:view.isPost and !data:view.isPreview and data:view.url != data:view.url params { amp: "1" }' data='post' name='post-relatedIn'/>
<b:include cond='data:view.isPost and !data:view.isPreview' data='post' name='post-relatedAd'/>

// Anda bisa merubah urutannya menjadi widget related post yang paling atas atau sebaliknya
Link copied to clipboard.